Slide
Workshops
that awesome!
We are a company that offers design and build services for
you from initial sketches to the final construction.
get a quote
Slide
Meet our
brilliant minds!
Our personnel have evaluated liability, causation and/or
damages issues in hundreds of litigation and dispute matters.
learn more

ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA

FORUM DOSEN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG INDONESIA (FDPPBJI)

(インドネシア日本語教育学科教員フォーラム)

Pendidikan bahasa Jepang di Indonesia berkembang sangat pesat, terbukti dengan bertambahnya jumlah pembelajar, jumlah pengajar, serta jumlah lembaga yang menyelenggarakan pendidikan bahasa Jepang, baik dalam pendidikan formal maupun dalam pendidikan noon-formal. Perkembangan ini tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi dipicu oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang mendorong terjadinya perkembangan ini adalah kontribusi dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yakni program studi pendidikan bahasa Jepang yang tersebar di seluruh Indonesia, dan kebijakan pemerintah yang mengakomodir terselenggaranya pendidikan bahasa Jepang yang masuk dalam salah satu bahasa asing yang diakui di Indonesia. Setiap tahun LPTK bahasa Jepang menghasilkan calon guru yang cukup banyak. Dengan demikian animo masyarakat untuk belajar bahasa Jepang dapat terlayani. Begitu juga dengan adanya kebijakan pemerintah Indonesia yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan bahasa Jepang di sekolah menengah, sehingga lulusan LPTK mendapat lapangan kerja sebagai guru bahasa Jepang di SMA.

Sejalan dengan perkembangan ini, muncul berbagai persoalan dalam penyelenggaraan pendidikan bahasa Jepang, baik di tingkat pendidikan menengah maupun di tingkat pendidikan tinggi. Salah satu yang paling menonjol adalah adanya perubahan dalam kebijakan pendidikan dengan hadirnya Undang-Undang Pendidikan dan Undang-Undang tentang guru dan dosen, yang diikuti dengan hadirnya kurikulum baru yang dikenal dengan Kurikulum 2013 di tingkat pendidikan menengah.

Dalam Kurikulum 2013 alokasi waktu untuk pendidikan bahasa Jepang mengalami perubahan sehingga memunculkan masalah baru. Hal ini terkait juga dengan karier guru yang dituntut oleh Undang-Undang Pendidikan yang menghendaki seorang guru profesional harus mengajar minimal 24 jam perminggu. Sementara dari pihak guru sendiri tidak mempunyai kemampuan untuk menyampaikan aspirasinya kepada pihak yang berwenang.

Mengingat bahwa Sekolah Menengah adalah mitra perguruan tinggi maka persoalan ini menjadi persoalan pihak LPTK juga. Untuk itu maka pada tahun 2013, dalam pertemuan ketua-ketua program studi pendidikan bahasa Jepang se-Indonesia yang digagas oleh The Japan Foundation untuk membahas tentang persoalan-persoalan yang dihadapi LPTK, pada saat itu tercetuslah sebuah ide untuk membentuk suatu wadah sebagai forum komunikasi untuk membagikan informasi seputar penyelenggaraan pendidikan bahasa Jepang di Indonesia. Namun pada saat itu baru sebatas pencetusan ide, belum sampai terbentuknya wadah secara resmi. Hal ini disebabkan karena di Indonesia sudah ada asosiasi yang bernaman Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia yang disingkat ASPBJI (Gakkai Pusat) yang didirikan pada tahun 2000 dengan berbagai koorwilnya.

Status ASPBJI sudah berbadan hukum dan sudah diakui secara internasional terutama Nihongo Kyouiku Gakkai di Jepang, namun cakupannya terlalu luas karena meliputi seluruh Perguruan Tinggi, atau sekolah-sekolah yang menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Jepang di seluruh Indonesia, baik Prodi yang berkaitan dengan Sastra Jepang maupun Pendidikan Bahasa Jepang. Kedaan terus berkembang sehingga memuncul ide bahwa ASPBJI harus membawahi asosia lainnya yang ada di bawahnya, di antaranya dibuat Asosiasi Khusus untuk Prodi/Jurusan sastra/ Budaya Jepang, Asosiasi khusus yang membawahi Prodi/Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, dan Asosiasi yang menampung para guru bahasa Jepang se-Indonesia (AGBJI).

Pada pertemuan kedua tahun 2014, barulah terwujud ide tersebut dengan terbentuknya sebuah wadah yang bernama Forum Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia yang disingkat FDPBJI. Inilah cikal bakal munculnya organisasi profesi ini.

Pada pertemuan tanggal 14-15 Desember tahun 2016, pengurus pertama yang telah terbentuk bertugas menyusun kelengkapan organisasi, yaitu menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga agar wadah ini dapat dijalankan dengan baik.

Wadah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas penyelenggaraan Pendidikan Bahasa Jepang di Indonesia khususnya pada LPTK dan sejenisnya. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN)/ 2003 pasal 39:2 dengan tegas menyatakan bahwa “pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, melakukan bimbingan dan penelitian, serta pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat terutama kepada pendidik yang ada dilevel perguruan tinggi.” Forum ini berupaya untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Bahasa Jepang yang diselenggarakan di LPTK, atau khusus bagi lembaga yang akan mencetak para guru bahasa Jepang, baik dari segi kurikulum, bahan ajar, metode, alat evaluasi, dan berbagai hal terkait lainnya. Berdasarkan alasan tersebut maka dibentuklah Forum ini.

ANGGARAN DASAR

  1. Organisasi ini bernama Forum Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia, selanjutnya disebut FDPPBJI, yang dalam bahasa Jepang digunakan istilah インドネシア日本語教育学科教員フォーラム [Indoneshia Nihongo Kyouiku Gakka Kyouin Fooramu].
  2. Organisasi ini didirikan pada hari Selasa, tanggal 24 Juni 2014 di Jakarta untuk jangka waktu yang tidak terbatas.
  3. Organisasi ini berkedudukan (Sekretariat) pada institusi tempat ketua bekerja.

How we work

placeholder
how can we help you?

Contact us at the Consulting WP office nearest to you or submit a business inquiry online.

Consulting WP really helped us achieve our financial goals. The slick presentation along with fantastic readability ensures that our financial standing is stable.

Dr. Dedi Sutedi, M.A., M.Ed.
Ketua FDPPBJI, Universitas Pendidikan Indonesia

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?